Sensasi Bersepeda Di Track Puncak Sawiyah Majalengka

(foto: portalsepeda.com)

Bersepeda full turunan menjadi hal yang mengasyikan, apalagi jika disuguhi pemandangan yang istimewa. Itulah yang bisa kita dapatkan saat menjajal track Puncak Sawiyah.

Seperti dilansir dari nativeindonesia.com, Puncak Sawiyah tempat wisata alam di Majalengka yang menawarkan keindahan alam dari ketinggian, seperti area pesawahan, pegunungan serta udara yang sejuk.

Wisata di Majalengka yang satu ini sangat hits dan cukup diminati oleh siapa saja, terutama bagi mereka yang menyukai keindahan.

Lokasi Puncak Sawiyah berada di kawasan Taman Nasional Gunung Ceremai (TNGC), tepatnya berada di Desa Sangiang, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Puncak Sawiyah bisa anda kunjungi dari pusat kota Majalengka dengan menempuh jarah kurang lebih 25 km. Anda bisa mengunjungi destinasi wisata alam Puncak Sawiyah dengan waktu tempuh sekitar 60 menit perjalanan.

Rute yang harus kamu tempuh jika berangkat dari pusat kota Majalengka yakni dengan menuju Jl. Maja-Talaga kemudian belok kiri setelah SPBU Tegalsari.

Kemudian terus arahkan kendaraan hingga tiba di Desa Tejamulya, di pertigaan menuju Sangiang belok kanan dan belok kiri lagi ketika berada di pertigaan jalan.

Setelah bertemu sebuah plang atau papan petunjuk, beloklah ke kiri untuk menuju Puncak Sawiyah. Dimana kondisi jalan selanjutnya tidak begitu bagus dan didominasi dengan tanjakan.

Setibanya di puncak sawiyah, kita harus uphill sedikit ke samping bukit untuk menuju titik start pada ketinggian 1600 MDPL.

Jalur setapak sepanjang rute dan hamparan ladang sayur mayur menjadi pemandangan yang khas di track ini. Meski begitu kita tetap perlu hati2 karena di beberapa titik, jalurnya tepat disamping terasering yang terjal.

Saat kami mencoba track ini, kondisi sedang kurang bersahabat, diguyur rintik hujan sehingga membuat jalan menjadi sangat licin dan membuat ban dipenuhi tanah.

Setiap akhir pekan, track ini selalu dijajal oleh pesepeda dari Majalengka dan luar kota. Bagi kalian yang suka blusukan seperti ini, track Sawiyah Majalengka ini patut kalian coba. Tetap utamakasn safety riding ya kawan, salam gowes !